Minggu, 23 Januari 2011

Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis


            Setiap bisnis mengadakan transaksi dengan orang-orang. Orang-orang itumenanggung akibat karena bisnis tersebut, karenanya mereka mempunyai kepentingan di dalamnya. Mereka dapat disebut pemegang kepentingan utama (stakeholders) atau orangyang mempunyai kepentingan dalam bisnis. Lima jenis pemegang kepentingan yang terlibat dalam bisnis:
Pemilik
Karyawan
Kreditor
Pemasok
Pelanggan
      2.1.1 Pemilik
                Setiap bisnis dimulai sebagai hasil  ide dari seseorang atau lebih mengenai barang atau jasa yang di sebut wiraswasta (entrepreneurs). Yang mengorganisasikan, mengelola, dan mengasumsikan risiko yang dihadapi mulai dari permulaan bisnis. Seorang wiraswasta yang menciptakan bisnis pada mulanya menjalankan sebagai pemilik tunggal. Namun demikian, selama bisnis tumbuh mungkin memerlukan  tambahan dana lebih daripada yang dapat disediakan oleh pemilik tunggal. Sebagai konsekuensi pemilik tunggal akan memperbolehkan orang lain menanamkan modal ke dalam perusahaanya dan menjadi pemilik bersama.
      2.1.2 Kreditor
                Perusahaan yang memerlukan dana meminjam dari institusi keuangan atau individu yang disebut kreditor yang memberikan pinjaman. Kreditor meminjamkan dana kepada perusahaan bila mereka percaya bahwa perusahaan tersebut mempunyai kinerja yang baik sehingga dapat mengembalikan pinjaman pokok beserta bunganya dikemudian hari.
      2.1.3 Karyawan
                Karyawan perusahaan diangkat untuk menyalurkan operasi perusahaan. Karyawan yang bertanggung jawab mengelola tugas yang diberikan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan disrbut manajer. Kinerja perusahaan sangat tergantung pada keputusan yang dibuat para manajernya. Keputusan yang bagus dapat membuat perusahaan menjadi sukses. Tetapi keputusan yang kurang bagus dapat membuat perusahaan gagal.
      2.1.4 Tujuan- tujuan manajer
                Tujuan manajer suatu perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Pemaksimalan nilai perusahaan adalah tujuan yang jelas untuk banyak bisnis kecil ketika pemilik sekaligus menjadi manajer. Ketika suatu perusahaan menjual sahamnya , sebagian besar pemegang saham tidak bekerja untuk perusahaan.
      2.1.5 Pemasok
                Perusahaan biasanya menggunakan bahan baku untuk menghasilkan produksinya. Oleh karena itu, kinerjanya sebagian tergantung kepada kemampuan dari pemasoknya dalam mengantarkan bahan baku tepat pada waktunya.
      2.1.6 Pelanggan
                Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan. Untuk menarik pelanggan , perusahaan harus memberikan barang atau jasa yang diperlukan dengan harga yang pantas. Perusahaan juga harus meyakinkan bahwa produk yang dihasilkan cukup berkualitas sehingga pelanggan puas.
                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar